• Rabu, 8 Desember 2021

Tata Cara Shalat Witir, Lengkap dengan Niat dan Doanya serta Berapa Kali Salam

- Kamis, 25 November 2021 | 14:30 WIB
Tata Cara Shalat Witir, Lengkap dengan Niat dan Doanya serta Berapa Kali Salam ( freepik.com)
Tata Cara Shalat Witir, Lengkap dengan Niat dan Doanya serta Berapa Kali Salam ( freepik.com)

ASPIRASIKU – Shalat Witir merupakan salah satu amalan atau ibadah sunnah yang sangat dijaga oleh Rasulullah Muhammad SAW. Hukumnya tidak wajib, tetapi sunnah muakkad.

Pelaksanaan Shalat Witir dilakukan pada malam hari, yakni setelah shalat Isya hingga sebelum terbit fajar (waktu Subuh). Shalat Witir boleh dilakukan sebelum tidur maupun setelah bangun dari tidur selama belum Subuh.

Disebut Shalat Witir karena jumlah rakaatnya harus ganjil, boleh 1, 3, 5, 7, 9, atau berapa rakaat pun asalkan berjumlah ganjil. Shalat Witir lebih utama sebagai penutup shalat malam.

Sebelum masuk ke tata cara Shalat Witir, sebaiknya kamu pahami dulu ketentuan-ketentuan pelaksanaan shalat Witir pada link berikut. (Ketentuan Lengkap Shalat Witir)

Berapa Kali Salam dalam Shalat Witir

Terkait tata cara Shalat Witir dengan jumlah rakaat yang bervariasi, juga memiliki ketentuan berapa kali salam yang bervariasi.

Baca Juga: Keutamaan Shalat Dhuha Tak Hanya Sekadar Pahala

Secara umum, jumlah salam yang dilakukan dalam shalat malam adalah salam setiap setelah melaksanakan shalat dua rakaat, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut.

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى ، فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً ، تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى

Artinya: “Shalat malam itu dua raka’at salam, dua raka’at salam. Jika salah seorang di antara kalian takut masuk waktu Subuh, maka kerjakanlah satu raka’at. Dengan itu berarti kalian menutup Shalat tadi dengan witir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X