Mengenal Hari Lahan Basah Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 2 Februari, Berikut Sejarahnya

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:30 WIB
Pembakar Hutan dan Lahan di Kalimantan. (menlhk.go.id)
Pembakar Hutan dan Lahan di Kalimantan. (menlhk.go.id)

ASPIRASIKU - Setiap tanggal 2 Februari merupakan peringatan Hari Lahan Basah Sedunia. Demikian juga pada tahun 2022 ini.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Konvensi Ramsar pada 2 Februari 1971.

Dari konverensi Internasional tentang lahan basah itu berawal ditetapkannya Hari Lahan Sedunia setiap 2 Februari.

Awalnya konverensi Internasional fokus pada masalah burung air termasuk burung air migran, lalu berkembang kepada konservasi ekosistem lahan basah termasuk keanekaragaman hayati di dalamnya.

Baca Juga: Twibbon Hari Lahir NU 31 Januari 2022, Berikut Cara Menggunakannya

Bahkan saat ini lebih bermulti fokus menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Melihat kenyataan tersebut, dapatlah disimpulkan bahwa lahan basah adalah penyangga kehidupan.

Sebab lahan basah menurut Konvensi Ramsar merupakan definisi yang luas, yaitu Daerah-daerah rawa, payau, lahan gambut, dan perairan: alami atau buatan; tetap atau sementara; dengan air yang tergenang atau mengalir, tawar, payau atau asin; termasuk wilayah perairan laut yang kedalamannya tidak lebih dari enam meter pada waktu air surut.

 

Nah tujuan utama dari konvensi Ramsar sendiri yaitu untuk menghentikan perambahan serta perusakan lahan basah yang terjadi sekarang dan masa yang akan datang. Hal tersebut dikarenakan lahan basah sendiri merupakan ekosistem yang sangat rapuh dan sensitif.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: menlhk.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X