Link Download Kalender Hijriyah 2023, Dilengkapi Tanggal dan Bulan Puasa 1444 H Menurut Rukyatul Hilal Global

- Kamis, 8 Desember 2022 | 15:50 WIB
Link Download Kalender Hijriyah 2023, Dilengkapi Tanggal dan Bulan Puasa 1444 H Menurut Rukyatul Hilal Global (freepik.com/pikisuperstar)
Link Download Kalender Hijriyah 2023, Dilengkapi Tanggal dan Bulan Puasa 1444 H Menurut Rukyatul Hilal Global (freepik.com/pikisuperstar)

ASPIRASIKU – Bulan puasa 1444 H atau yang jatuh pada tahun 2023 nanti, merupakan momen besar umat Islam yang kedatangannya sudah ditunggu-tunggu dari sekarang.

Hal ini dikarenakan, puasa merupakan ibadah yang di dalamnya menyimpan banyak sekali kebaikan serta keberkahan dari Allah SWT.

Puasa 1444 H kini telah diprediksi tanggal jatuhnya berdasarkan rukyatul hilal global.

Berdasarkan hasil rangkuman Aspirasiku pada Kamis, 8 Desember 2022 melalui website ms-aceh.go.id, rukyatul hilal global atau rukyat global merupakan kriteria penentuan awal bulan dengan hitungan hijriyah.

Baca Juga: 50 Contoh Judul Skripsi Kedokteran Gigi Sebagai Bahan Referensi dan Acuan Para Mahasiswa

Kalender dengan hitungan hijriyah ini sudah digunakan sejak zaman kenabian, yaitu ketika pemerintahan khalifah Umar bin Khattab.

Dalam penerapannya, rukyatul hilal global memegang prinsip bahwa, jika satu penduduk di suatu wilayah melihat hilal, maka seluruh penduduk di wilayah tersebut harus berpuasa meskipun yang lain belum melihatnya.

Menurut rukyatul hilal global, tanggal dan bulan puasa 1444 H kini nampaknya sudah mulai bisa diprediksi kedatangannya.

Berikut ini telah Aspirasiku sajikan link download kalender hijriyah yang memuat data tanggal dan bulan puasa 1444 H, berdasarkan lansiran dari al-habib.info.

Selain puasa Ramadhan, dalam kalender berikut juga telah dijelaskan beberapa puasa sunnah lain jika anda ingin melakukan ibadah puasa sunnah tersebut.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: ms-aceh.go.id, al-habib.info

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X