Apa Itu PIP 2022? Simak Penjelasan, Tujuan, dan Penerima dari Program Indonesia Pintar

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:45 WIB
Ilustrasi :  PIP 2022 Simak Penjelasan, Tujuan, dan Penerima dari Program Indonesia Pintar (Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid)
Ilustrasi : PIP 2022 Simak Penjelasan, Tujuan, dan Penerima dari Program Indonesia Pintar (Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid)

ASPIRASIKU – Bantuan dana pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sangat beragam, dan salah satunya adalah PIP.

Menurut kemdikbud, PIP merupakan kependekan dari Program Indonesia Pintar. Selain Program Indonesia Pintar atau PIP, bantuan dana pendidikan lainnya antara lain ada BOS, KIP, BLT, dan BSU.

Lalu, apa itu PIP dan untuk siapa PIP dialokasikan? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Update Terbaru Mengenai Aksi Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung, 9 Orang Jadi Korban

1. Pengertian PIP
Dikutip Aspirasiku dari pip.kemdikbud.go.id pada Selasa, 7 Desember 2022, PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan salah satu dari sekian banyak bantuan pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah di Indonesia.

PIP merupakan bantuan dana pendidikan yang berbentuk uang tunai, guna menunjang pendidikan anak-anak kurang mampu di Indonesia.

Selain bantuan dana, PIP juga membantu mengenai perluasan akses belajar serta pemberian kesempatan belajar kepada peserta didik yang berasal dari keluarga menengah ke bawah.

2. Tujuan PIP
Pencanangan Program Indonesia Pintar atau PIP ini ditujukan agar anak-anak yang masih memiliki usia sekolah dan berasal dari keluarga kurang mampu, dapat tetap melanjutkan pendidikan hingga tamat pendidikan menengah.

PIP dapat diikuti melalui jalur formal (SD/SMP/SMA/SMK) maupun lewat jalur non formal (paket a hingga c dan pendidikan khusus).

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Warga Bandung Tetap Tenang Pasca Insiden Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X