• Minggu, 25 September 2022

Khutbah Idul Adha 2022, Ustadz Khalid: Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Kurban Menjadi Sah dan Diterima..

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:45 WIB
khutbah Idul Adha 2022 yang disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah mengenai 4 hal yang harus diperhatikan dalam berkurban. (Capture Youtube Khalid Basalamah Official)
khutbah Idul Adha 2022 yang disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah mengenai 4 hal yang harus diperhatikan dalam berkurban. (Capture Youtube Khalid Basalamah Official)

 

ASPIRASIKU – Inilah khutbah Idul Adha 2022 yang disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah. Khutbah ini mengangkat tema tentang 4 hal yang perlu diperhatikan agar kurban menjadi sah dan diterima.

Dengan menyimak khutbah Idul Adha 2022 ini, diharapkan jamaah bisa memahami cara-cara dalam berkurban. Karena dalam berkurban ada adab yang harus dipenuhi dan syarat yang wajib dilakukan.

Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan dalam khutbah Idul Adha bahwa ada syarat-syarat dan kriteria hewan kurban yang boleh disembelih. Tidak sembarangan hewan bisa menjadi hewan kurban.

Lantas apa saja 4 hal yang perlu diperhatikan dalam berkurban? Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, simaklah khutbah Idul Adha ini.

Kurban adalah ibadah yang sangat besar pahalanya. Seperti yang sudah termaktub dalam Al-QUr’an surat Al Kautsar ayat 2, yang artinya “Maka sholatlah dengan nama Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.”

Kesepekatan di antara para ulama, hewan yang boleh disembelih untuk dijadikan sebagai hewan kurban adalah hewan unta, sapi, dan kambing (termasuk domba).

Baca Juga: Contoh Soal Tes Potensi Akademik TPA Utul UGM 2022 dan Kunci Jawaban

Untuk kurban satu ekor kambing atau domba bisa dicukupkan untuk satu keluarga. Laki-laki di zaman Rasulullah saw berkurban satu kambing untuk dirinya dan keluarganya.

Lalu dia memakannya sebagian bersama keluarga, dan sebagiannya lagi diberikan untuk orang miskin.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: YouTube Khalid Basalamah Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X