Alasan Mengapa Wanita Memiliki Risiko Penyakit Alzheimer Lebih Tinggi Dibanding Pria, Apakah Bahaya?

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:57 WIB
Alasan Mengapa Wanita Memiliki Risiko penyakit Alzheimer Lebih Tinggi Dibanding Pria dan Apakah Bahaya? (pexels/Andrea Piacquadio )
Alasan Mengapa Wanita Memiliki Risiko penyakit Alzheimer Lebih Tinggi Dibanding Pria dan Apakah Bahaya? (pexels/Andrea Piacquadio )

ASPIRASIKU – Penelitian baru dapat membantu menjelaskan mengapa wanita lebih mungkin beresiko menderita penyakit Alzheimer daripada pria dan itu bukan karena mereka hidup lebih lama.

Ini adalah fakta yang tidak menyenangkan bahwa wanita ternyata dua kali lebih mungkin terkena penyakit Alzheimer dibandingkan pria.

Para peneliti telah lama percaya hal itu karena wanita hidup lebih lama daripada pria, dan penyakit Alzheimer adalah sakit usia tua.

Tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak karena pengaruh estrogen, hormon seks wanita.

Wanita mengembangkan perubahan terkait Alzheimer di otak mereka lebih awal daripada pria, dan perubahan ini dimulai sekitar menopause ketika produksi estrogen menurun secara dramatis.

Penyakit Alzheimer adalah penurunan neurologis progresif yang dimulai dengan kehilangan memori jangka pendek dan gejala awal lainnya, Ini adalah penyebab paling umum dari demensia.

Asosiasi Alzheimer menunjukkan bahwa lebih dari 5 juta orang Amerika berusia 65 dan lebih tua hidup dengan demensia Alzheimer.

Baca Juga: Peserta Muktamar NU Belum Vaksin akan Diminta Menjalani Vaksinasi

jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi 14 juta pada tahun 2050. Sepenuhnya dua pertiga dari warga lanjut usia dengan Alzheimer adalah wanita.

Studi baru-baru ini melibatkan 85 wanita dan 36 pria yang tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan kognitif.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X