• Minggu, 25 September 2022

Ingin Jadi TKW Gaji di Atas 5 Juta per Bulan? Ini Dia Hak yang Dimiliki oleh Para TKI di Luar Negeri

- Rabu, 13 Juli 2022 | 14:35 WIB
Ingin Jadi TKW Gaji Diatas 5 Juta Perbulan? Ini Dia Hak yang Dimiliki Oleh Para TKI di Luar Negeri (YouTube BU RIAN STORY/ bendera Taiwan Wikipedia)
Ingin Jadi TKW Gaji Diatas 5 Juta Perbulan? Ini Dia Hak yang Dimiliki Oleh Para TKI di Luar Negeri (YouTube BU RIAN STORY/ bendera Taiwan Wikipedia)

ASPIRASIKU - Menjadi seorang TKW (tenaga kerja wanita) di luar negeri terkadang menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, beberapa orang mengaku bahwa mencari pekerjaan di dalam negeri sangat sulit dan memilih menjadi seorang TKI atau TKW.

Namun ada juga yang ingin menjadi TKI ataupun TKW dengan mengincar gaji yang lebih menggiurkan dari pada bekerja di Indonesia.

Baca Juga: Ikatan Cinta 13 Juli 2022: Menyedihkan! Elsa Datang Silahturahmi Ke Rumah Nino, Malah Diusir Mama Karina

Diketahui, rata-rata gaji seorang TKI pembantu rumah tangga di Singapura perbulannya jika dirupiahkan sebesar 5 juta keatas (hanya gaji pokok).

Hal tersebut tentu menarik seorang untuk menjadi seorang TKI atau TKW di luar negeri setelah tau gaji seorang pembantu rumah tangga bisa lebih besar dari pada gaji UMR di Indonesia.

Namun sejarahnya, beberapa TKI atau TKW yang bekerja di luar negeri menjadi pembantu rumah tangga justru pernah atau sering mendapat perlakuan keji dari sang majikan.

Tetapi tenang saja, pemerintah telah memberi hak serta perlindungan untuk dimiliki para TKI ataupun TKW jika ingin bekerja di luar negeri.

Baca Juga: Simak Cara Membuka Rekening BNI di Singapura dan Syaratnya Bagi Para Tenaga Kerja Indonesia

Berikut Aspirasiku merangkum hak-hak yang dimiliki oleh para TKW ataupun TKI seperti tercantum pada Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Syarat Dapatkan BLT Rp600 Ribu Dari Pemerintah

Sabtu, 17 September 2022 | 07:00 WIB

Tidak Dapat Bansos, Gimana Cara Mengusulkannya?

Senin, 12 September 2022 | 18:45 WIB
X