Kabar Gembira! Pajak Rumah Baru Tahun Ini Ditanggung Pemerintah, Simak Rinciannya

- Rabu, 19 Januari 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi Kabar Gembira! Pajak Rumah Baru Tahun Ini Ditanggung Pemerintah.  (Flickr.com)
Ilustrasi Kabar Gembira! Pajak Rumah Baru Tahun Ini Ditanggung Pemerintah. (Flickr.com)

ASPIRASIKU – Buat yang ingin membeli hunian di tahun ini, anda harus tahu bahwa tahun 2022 ini pajak rumah baru akan ditanggung pemerintah.

Penetapan diskon pajak rumah baru ini lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui perpanjangan insentif diskon PPN property di tahun 2022.

Namun jika dibandingkan dari diskon pajak rumah baru di tahun lalu, ternyata ada perubahan besarannya yakni 50 persen hingga 25 persen.

Menteri Koordinasi (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, perpanjangan diskon pajak rumah baru ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk menekan dampak pandemic covid-19.

Total dana PEN ini mencapai Rp451 triliun yang dibagi dalam beberapa sektor, yakni kesehatan, perlindungan sosial, UMKM, pajak rumah baru, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Merubah Pola Hidup yang Buruk

Khusus untuk diskon pajak rumah baru, Airlangga menyatakan akan ditanggung pemerintah hingga bulan Juni tahun ini.

“Jadi PPN yang ditanggung pemerintah untuk rumah susun atau rumah tapak yang nilainya Rp2 miliar diberikan PPN DTP sebesar 50 persen,” kata Airlangga dalam konfenersi pers evaluasi PPKM, Minggu 16 Januari 2022 lalu.

Sementara untuk pajak rumah baru dengan harga di atas Rp2 miliar hingga Rp5 miliar akan mendapat diskon PPN lebih kecil yaitu 25 persen ditanggung pemerintah.

Dengan adanya potongan pajak ini, para pengusaha perumahan atau developer pun memberi dukungan, namun berharap penerapannya bisa diperpanjang hingga tahun depan.

Baca Juga: Siap-siap! Harga Rumah Subsidi Tahun Ini Akan Naik Hingga 12 Jutaan, Masih Minat Membeli?

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X